Jembatan Leighton Sungai Siak Pekanbaru

oleh : attayaya

Jembatan Leighton (lighton) Sungai Siak Pekanbaru merupakan jembatan yang menghubungi 2 sisi Sungai Siak di Kota Pekanbaru bagian selatan dan utara di Jalan Yos Sudarso. Berada di Kecamatan Senapelan di sisi selatan dan Kecamatan Rumbai Pesisir di sisi utara. Nama resminya adalah Jembatan Leighton karena dibuat oleh PT. Leighton Indonesia Construction Company. Penyebutan masyarakat atas jembatan itu menjadi Jembatan Lighton bisa dibenarkan juga karena konstruksi jembatan tersebut adalah dibuat dari Beton Ringan (light-ton). Untuk kalangan pemerintah, lebih sering menggunakan nama Jembatan Siak I. Proyek Jembatan Lighton Siak ini menghabiskan 600 ton baja; 1,200 kaki kubik beton; 150,000 kaki kubik tanah timbun dan pengaspalan 700 m persegi jalan.

Jembatan Leighton ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 19 April 1977, merupakan bantuan dari PT. Caltex Pacific Indonesia / CPI (sekarang PT. Chevron Pacific Indonesia / CPI). Jembatan yang membentang sepanjang 350 meter direncanakan dapat bertahan selama 50 tahun. Tetapi akibat pemakaian yang meningkat sesuai perkembangan Kota Pekanbaru, jembatan ini diperkirakan memiliki kekuatan tinggal 30 persen saja, sehingga dipasang portal di setiap ujung jembatan untuk membatasi tonase kendaraan yang melewatinya. Dalam hal ini Pemerintah Kota Pekanbaru telah membangun Jembatan Siak II, dan III selain itu juga sedang direncanakan pembangunan Jembatan Siak IV dan V.

Pembangunan Jembatan Leighton Sungai Siak, dan
Penandatanganan prasasti peresmian oleh Presiden Soeharto

19 April 1977
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=524338&page=33

Sebelumnya untuk menghubungkan Rumbai dan Pekanbaru, Caltex (nama PT. Chevron Pacific Indonesia saat itu) membangun jembatan sepanjang 95 m dengan empat landasan apung (jembatan ponton) yang sebelumnya berfungsi sebagai ferry Rumbai-Pekanbaru pada 1958. Setelah berfungsi selama 18 tahun sebagai satu-satunya penghubung Kota Pekanbaru yang terbelah oleh Sungai Siak, pada 19 April 1977, tugasnya resmi diambil alih oleh Jembatan Siak.

Saat meresmikan jembatan yang menjadi landmark Kota Pekanbaru tersebut pada 19 April 1977, Presiden RI Soeharto menyatakan bahwa Jembatan Siak mempunyai arti penting dari segi ekonomi dan sosial, tidak saja bagi Provinsi Riau, tetapi juga bagi bagian tengah Sumatera.

Jembatan Siak resmi diserahkan kepada pemerintah Provinsi Riau pada 12 Juli 1977 dalam sebuah acara singkat di Pekanbaru. Berita acara serah terima ditandatangani oleh Chairman of Managing Board Haroen Al Rasjid dan Gubernur Riau Arifin Achmad, disaksikan oleh pejabat pemerintahan dan Ambassador Amerika Serikat DD Newsom.
(http://www.potretnews.com/features_foto.php?idberitafoto=64)

Festival_Lampu_colok_Jembatan_Leighton_Sungai_SiakJembatan Lighton (Leighton) Sungai Siak Pekanbaru di malam hari
Menggunakan tripod
Shutter Speed 15 detik
Bukaan 5,6
ASA 800
Kamera Nikon D50

Jembatan Leighton Sungai Siak
pojokphoto.com

Leighton Bridge
By aBdee huRRaiRah with NIKON D 40
http://enveesquadronpekanbaru.blogspot.com/2008/07/assalamualikum-wr.html

Liputan Khusus Kota Pekanbaru
RiauPos
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=59126721

Photo dari udara Jembatan Leighton Sungai Siak Pekanbaru
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=27003712

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s